Sunday, March 8, 2015

Eyeliner101: Eyeliner for Beginner

Subtle changes to my whole look, just with a thinny line.

Dari hasil pengamatan, eyeliner merupakan salah satu kosmetik pertama yang dicoba oleh para makeup beginner. Ini karena eyeliner, terutama eyeliner pensil, mudah digunakan, tersedia dimana-mana (mulai dari merk abal-abal yang dijual di pinggir jalan sampai high end brand menyediakan tipe produk ini), dan memberikan efek yang signifikan terhadap keseluruhan penampilan.

Aku ingat waktu kuliah dan kami biasanya cuma pakai lipbalm dan bedak tok. Kalo ada teman yang pakai eyeliner pasti terlihat makin fresh tapi tidak berlebihan dan semua heran. "Ada yang beda, tapi apa ya?", biasanya itu komen yang sering keluar. Hehe.. norak banget, ya?!

Tapi, walaupun relatif mudah digunakan, mendalami eyeliner kadang bisa bikin frustasi juga. Formula apa yang tepat dipakai? Pensil, gel, atau cair? Warna apa ya? Di kelopak atas atau bawah atau keduanya? Hanya di sudut luar kelopak mata (outer corner) atau sampai inner corner? Apa itu waterline? Ekornya diarahkan kemana? sudah simetris? itu eyeliner ratu Jodha kok bercabang?! Hehe... biasanya kebingungan macam itu yang terjadi. Aku sendiri masih gagap buat cat eye, namanya aja masih belajar.

For anyone who is new to eyeliner, you only need two things: creamy, waterproof, black or dark-brown pencil eyeliner and the sharpener. Jangan lupa untuk meruncingkan mata pensil sebelum digunakan ya. Search for gel type or liquid eyeliner when you’ve get used to the pencil. But some people find it easier when using felt-tip liquid eyeliner. Just make sure that the felt-tip is soft yet hard enough to stay steady when used. O ya, jangan lupa untuk mengetahui anatomi mata secara sekilas ya.

Ada banyak kreasi bentuk garis, mulai dari yang bisa dipakai sehari-hari sampai untuk special occasion, dari yang malu-malu sampai yang bold. Jadi sekarang aku akan bahas tentang bentuk eyeliner dasar yang wajib diketahui pemula untuk dandanan sehari-hari. Hal-hal akan banyak disebutkan para beauty blogger atau makeup artist saat membuat tutorial. So, take a deep breath my fellow newbie, here we go.

Waterlining
Waterlining ialah teknik aplikasi eyeliner pada tepi dari kelopak mata(waterline). Waterline adalah permukaan kelopak mata dimana kelopak bersentuhan dengan bola mata, to be exact it is the space between lashes and eyeball when we open our eyes. Dengan teknik ini akan tercipta ilusi bulu mata yang tampak penuh, tebal, dan lebih panjang. Just add a swap of mascara and don’t forget to curl them before, your eyes will magically appears brighter and deeper but not too bold to be pointed out by others.

Teknik ini sebenarnya baru bagi aku, I tried it since 2 weeks ago. Sebelumnya aku parno akan risikonya bagi kesehatan mata (the eyeliner might irritate eyes, it also might clog the root of lashes and become infected *touch wood). Tapi kalo kita bersihin secara seksama, risiko itu dapat diminimalisir kok. Risiko lain adalah dark stain on under-eyes area after few hours if we’re not using waterproof formula. Happen to me before. Ha. Ha. *grumpy laugh

Illustration by me

How to: tarik dengan lembut kelopak mata atas ke arah alis sehingga kita bisa melihat dengan jelas waterline. Aplikasikan ujung eyeliner gently di sepanjang garis itu. Hati-hati terkena mata. To add more drama, you can also apply on lower lid’s waterline. It actually will make us look like Arabian.

Tightlining
Tight = ketat
Lining = menggaris
Jadi tightlining adalah teknik membuat garis yang ketat. Hehe.. jadi dengan cara ini eyeliner diaplikasikan sangat dekat dengan akar bulu mata atau di antara bulu mata. Cara ini juga akan membuat bulu mata terlihat tebal, penuh, dan lebat. Ini adalah look favoritku pribadi karena cepat, praktis, dan hasilnya terlihat alami. (Lihat foto paling atas)


How to: sapukan eyeliner di antara bulu mata secara lembut untuk mengisi gap antar bulu mata. Dan voila: thicker eyelashes in less than a minute!

Cat eye
If you want more drama, go for cat eye! Many icons make this kind of eye-lining as a signature looks. This look is sexy, classy yet tricky to make. Aku pribadi masih kesulitan membuat cat eye yang sempurna. Kadang ekornya terlalu curvy, kadang nggak simetris, kadang terlalu panjang. Kebanyakan ‘kadang’ malah jadi males buatnya. I think this look needs more time to master. And as newbie penting untuk menyiapkan Q tips yang ujungnya sudah dibasahi makeup remover untuk menghapus line yang tersesat dan salah arah.


How to: There are plenty of tips on making cat eye easily. Tapi yang pasti, aplikasikan eyeliner di sepanjang kelopak mata sedekat mungkin dengan garis bulu mata terlebih dahulu. Setelah itu buatlah bagian ekornya. Buatlah titik dimana ekor cat eye akan berakhir. Lalu hubungkan outer corner dengan titik tersebut dalam satu sapuan. You might need to pull gently the upper lid toward temple untuk mempermudah gerakan eyeliner saat digunakan. Do not hesitate; you need to make a neat and sleek line, bukan garis bergelombang. Hubungkan juga kira-kira sepertiga bagian luar eyeline dengan titik akhir itu. Di sini kita mendapatkan segitiga. Fill in that triangle!

See? Diomongin aja ribet, apalagi dilakuin.

Puppy eyeliner
Gaya ini konon katanya paling popular di Korea Selatan sana. It will make you look innocent, cute, and young. Ini juga akan membuat matamu terlihat besar dan lebih bulat. Nggak seperti cat eye, ujung ekor eyeliner puppy eye mengarah ke bawah mengikuti bentuk alami mata. Sebenarnya jaman aku dulu masih kuliah(2011-2012), ini look yang sering aku pakai tanpa tahu kalo namanya puppy eye. Tapi bedanya, puppy eyeliner versiku is subtly done. Jadi sama seperti tightlining, garisnya tidak terlalu bold tapi cukup terlihat. I thought I invent it myself. Baru mau berbangga hati put my name as the look's name, eh ternyata sudah ada namanya. Hadeeeh…


How to:
Buat tightlining as usual. Extend the upper-lid line by 2-3 mm saat mencapai sudut luar mata (outer corner). Line sepertiga luar kelopak mata bawah dan hubungkan garis yang berasal dari kelopak bawah dan atas.

Tips: do not over do it, kalo diaplikasikan terlalu bold, line ini akan membuat mata tertarik ke bawah. Buatlah line dengan komposisi ketebalan yang pas. 

Sekian kuliah eyeliner 101 kali ini. Semoga bermanfaat. Do share with me if you have some tips and tricks on eye-lining. Last but not least, practice makes perfect. Makin sering latihan, makin mahir dan lincah tangan kita dalam mengaplikasi liner. Something that i haven't done much, hehe.. Good luck..

1 comment:

  1. Sebenarnya buat eyeliner itu gampang KALAU sering latihan LOL buatku pakai ini pertama kali adalah pengalaman yang paling berharga soalnya mata aku kecolok berkali kali LOL

    Buat yang baru pakai, mendingan pakai yang modelnya pensil atau gel, daripada pakai liquid, kan gak lucu kalau kecolok ke mata eh tintanya nempel di mata .___.

    BTW itu ilustrasi gambar soal membuat eyeliner, ampun ampun, ngakak banget aku. Aku sering begitu tuh. Pertama yang kanan lebih tebel daripada yang kiri, lalu benerin yang kiri, eh jadinya yang kiri lebih tebel dari yang kanan LOL Hal ini juga berlaku untuk alis hahaha... Yah namanya juga belajar dan bereksperimen, gpplah ya XD

    http://farrelandmerry.blogspot.com/

    ReplyDelete